Sejuta Khasiat Teh Hijau

Tahukah kamu, teh hijau memiliki sejuta khasiat yang mampu mencegah datangnya penyakit?
Teh hijau mengandung senyawa bioaktif polifenol yang menimbulkan reaksi rileks dan nyaman bagi tubuh. Komponen fungsional yang bertanggung jawab atas terciptanya suasana itu adalah L-teanin.
L-teanin adalah gugus asam amino yang dapat menimbulkan suasana enak (umami atau savory) yang hanya terdapat pada tanaman teh. Senyawa ini merupakan kandungan dominan teh yaitu sebanyak 50 persen dari total asam amino bebas. Kadarnya pada daun teh mencapai 1-2 persen berat kering. L-teanin tergolong senyawa yang mudah diserap oleh usus, tepatnya di saluran intestinal, yang selanjutnya mengalir ke otak. Pemberian teanin ke dalam sriatum otak melalui mikroinjeksi menyebabkan peningkatan pelepasan domain. Disini teanin berinteraksi dengan neurotransmitter. Pelepasan neurotransmitter inilah yang menimbulkan perasaan senang dan memperbaiki suasana hati.

Selain menciptakan suasana rileks, teh hijau juga berkhasiat untuk membantu membakar lemak, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan melindungi diri dari diabetes dan hepatitis. Teh hijau juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan dan mencegah napas tak sedap serta meningkatkan kekebalan. Ia juga bermanfaat untuk menghindar dari kehilangan massa tulang, gigi berlubang dan alergi.
Agar khasiat lebih terasa, dianjurkan untuk menyeduh daun teh hijau dengan air panas (bukan air mendidih), kemudian biarkan daun terendam selama 1-5 menit. Jangan menambah susu pada ramuannya karena protein susu dapat menetralisir kandungan polifenol (sebagai antioksidan).
Harus diingat, meskipun memiliki banyak khasiat teh hijau juga mengandung kafein yang apabila dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan imsomnia(gangguan tidur), kecemasan, dan ketidakaturan detak jantung. Ingat, terjadi hanya jika dikonsumsi secara berlebih. Kandungan kafein pada teh tetap lebih rendah dibanding dengan kopi dan minuman bersoda. (berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

diterbitkan oleh Tabloid Pmails edisi 108, 21 – 27 Oktober 2007

Subscribe to receive free email updates: