Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Tips Menjaga Kesehatan Jantung. Organ jantung adalah organ yang begitu penting dalam kehidupan, makanya kita menjaga oragan ini dengan baik dan benar. Selain kanker, penyakit jantung juga menjadi salah satu penyakit yang populer di dunia saat ini. Menjalani gaya hidup sehat adalah pilihan terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat. 

Penyakit jantung bisa dikarenakan oleh banyak hal, mulai dari arteri yang tersumbat oleh lemak dan kolesterol, kurang olahraga, gaya hidup pasif dan lainnya. Akan tetapi, di zaman modern yang semuanya berjalan dengan cepat ini, pastinya banyak orang yang merasa kesusahan untuk mengubah gaya hidup atau mencari waktu untuk olahraga. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti rutinitas sehat tertentu untuk menjaga jantung tetap bugar.

Ingin sembuh dari penyakit maag dengan tuntas dan tidak kambuh lagi? pelajari juga : cara menyembuhkan penyakit maag secara total

Tahan amarah: Rasa marah bisa mengecilkan pembuluh darah, jantung berdetak kencang serta mengentalkan dan menggumpalkan darah. Saat berhadapan dengan situasi yang membuat Anda stres dan frustrasi, cobalah hitung sampai sepuluh (cara itu akan mengubah otak Anda dari emosional menjadi berpikir rasional), ambil napas dalam-dalam dan jangan ladeni orang yang menjengkelkan.

Jangan Merokok: Merokok telah menjadi salah satu akibat terbesar datangnya penyakit jantung dan kanker dalam beberapa dasawarsa. Walaupun sebagian besar orang berpikiran bahwa meroko cuma bisa membahayakan paru-paru, akan tetapi kebenarannya merokok juga dapat mengakibatkan terkena penyakit jantung hinga mencapai kematian. Untuk itu, sebaiknya hindari merokok atau berhenti merokok sekarang juga.

Menjaga berat badan: Banyak dari kita mencoba untuk mengurangi berat badan dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit jantung. Tetapi pada kenyataannya, orang kurus juga cenderung menderita penyakit jantung. Yang harus Anda lakukan adalah tetap menjaga berat badan tetap stabil.


Memotong konsumsi gula: Mereka yang suka manis pasti sulit melakukannya. Ingat, konsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat memicu penyakit jantung. 

Kesehatan mental: Tekanan mental harus dihindari dan sebaliknya orang harus belajar untuk mengelola stres. Kesehatan mental dianggap sebagai aspek paling penting yang menentukan kondisi jantung seseorang. Stres juga dianggap sebagai faktor yang paling signifikan sebagai pemicu penyakit jantung. 

Tidur cukup: Menurut Warwick Medical School, wanita yang tidur sebanyak lima jam atau kurang dalam sehari berisiko dua kali lipat terkena hipertensi daripada mereka yang tidur tujuh jam atau lebih. 

Hindari makanan kemasan: Untuk mencegah penyakit jantung, Anda harus menghindari makanan kemasan. Makanan kemasan tidak hanya mengandung lemak, tetapi juga tinggi oksidan yang berbahaya bagi tubuh.

Dengarkan musik riang: Dilihat dari hasil pemindaian melalui ultrasound, musik bernada riang dapat melebarkan arteri hingga 26 persen.

Kesehatan fisik: Berolahraga secara teratur adalah salah satu hal paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Latihan rutin yang Anda lakukan setiap hari juga dapat memotong lemak ekstra yang ditimbun dalam tubuh, terutama di sekitar garis pinggang. 

Produk susu: Produk susu, seperti yogurt dan buttermilk, baik dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi terlalu banyak produk susu juga tak baik bagi kesehatan tubuh.

Itulah informasi tentang Tips Menjaga Kesehatan Jantung. semoga bermanfaat buat anda semua.


Subscribe to receive free email updates: